Maket Creator

Pengertian dan Cara Membuat Internal Link Adalah

SEO
CONTOH INTERNAL LINK OPTIMASI SEO ON PAGE MAKETCREATOR.COM

Pengertian Internal link adalah sebuah tautan atau link yang ada dalam artikel website atau blog menuju halaman lainnya tapi masih di dalam satu web atau blog yang sama dan memiliki isi konten atau pembahasan yang masih saling berkaitan. Internal link merupakan salah satu cara untuk membantu crawler Google dalam menjelajahi, mengindeks serta mengetahui struktur website secara keseluruhan. Internal link adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) pada sebuah situs. Saat spider mesin pencari dan menemukan sebuah website, mereka mengikuti tautan atau link yang ada untuk menemukan halaman lainnya pada website anda. Struktur website yang rapih tentu akan membuat semua halaman situs dapat terindeks dengan baik pada mesin pencari, dan ini artinya halaman situs tersebut akan mudah dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine.

Dengan membuat internal link yang tepat dapat memudahkan para pengunjung website anda dalam menemukan informasi lain yang masih berkaitan. Tentunya dengan cara ini akan membuat pengunjung akan berada lebih lama diwebsite anda dan mengurangi tingkat bounce rate dari visitor yang berkunjung. Dengan menerapkan internal link secara tepat maka akan memudahkan pengunjung untuk menjelajahi web kita. Semakin banyak halaman yang di akses oleh pengunjung, maka semakin baik pula web kita dipandangan Google / mesin pencari.

Dengan menurunnya tingkat bounce rate, Google akan menilai bahwa website anda berkualitas karena membuat pengunjung bisa berlama-lama berada pada website anda. Sedangkan, jika bounce rate tinggi itu artinya pengunjung merasa bosan ataupun tidak menyukai isi dari konten yang ada pada website anda sehingga mereka langsung pergi atau kembali pada halaman pencarian mesin pencari untuk mencari situs lain yang lebih menarik. Google akan memperhitungkan tingkat bounce rate yang terjadi pada sebuah situs sebagai metrik dalam menentukan apakah situs tersebut memiliki konten berkualitas atau tidak. Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan situs anda maka Google bisa menganggap bahwa situs tersebut tidak memberikan manfaat bagi pembacanya, dan ini bisa berakibat turunnya peringkat di mesin pencari Google.



Dengan terus bertambahnya pos ataupun konten yang berada di dalam website, tentu hal ini akan menyebabkan beberapa konten yang berada pada websita anda akan semakin sulit untuk ditemukan oleh pengunjung. Dengan menggunakan internal link, anda dapat memperlihatkan kepada pengunjung mengenai halaman lain dari konten yang masih berkaitan yang mungkin sulit untuk diakses karena website anda memiliki banyak konten, Sehingga tanpa disadari hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dari konten website anda.

Cara Membuat Internal Link :

  1. Artikel yang akan di buat intenal link haruslah artikel yang memiliki keterkaitan atau masih berhubungan dengan topik yang dibahas.
  2. Menggunakan anchor teks yang mengandung kata kunci dan berfariasi sesuai dengan tema atau judul halaman yang di tuju.
  3. Gunakan internal link dalam jumlah yang wajar. penggunaan internal link yang berlebihan dapat berisko buruk.
  4. Menggunakan anchor text yang berbeda-beda.
  5. Artikel atau konten yang akan dijadikan internal link adalah artikel yang masih memiliki kategori yang berkaitan / relevan dengan artikel yang sedang dibahas.



Baca juga artikel terkait lainnya mengenai 3 Manfaat internal link pada SEO

Published by Jasa Pembuatan Maket (MaketCreator)

 

 

 




Web Creator & SEO Optimizer by ariefm281@gmail.com

x
error: Apa ada yang bisa kami bantu..? Silahkan hubungi kami mengenai kendala anda. Terima kasih..